24 June 2011

Dapur Terbuka di Rumah

Dapur Terbuka di Rumah. Dapur terbuka atau open kitchen biasanya ditemui di restoran atau di cafe. Dengan konsep terbuka, semua kegiatan yang terjadi di dalamnya, mulai dari mempersiapkan bahan sampai mengolahnya menjadi makanan, dapat dilihat oleh semua pengunjung. Hal ini juga untuk menunjukkan kualitas bahan dan pengolahan makanan di restoran atau cafe tersebut.

dapur terbuka, rumah modern, desain rumah minimalis
image: Pixabay
edit by Indah Primadona

Sebagian orang Indonesia masih menganggap bahwa dapur merupakan ruangan yang sangat pribadi, dan tabu untuk diperlihatkan kepada tamu. Namun pada zaman modern sekarang ini dapur terbuka sudah mulai banyak digunakan, terutama di apartemen. 

Penggunaan dapur terbuka memiliki tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Karena dapur yang terbuka bisa diakses dan dilihat oleh semua orang, maka kebersihan dan kerapiannya harus selalu terjaga. Cara aman yang sering dilakukan yaitu dengan memisahkan antara dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor untuk kegiatan memasak biasanya diletakkan dibagian yang tersembunyi, jauh dari pandangan orang luar, sedangkan dapur bersih untuk kegiatan menyajikan makanan berkonsep terbuka.

Dapur terbuka juga merupakan salah satu cara agar ruangan terlihat lebih luas, seperti di apartemen dengan luas yang terbatas, maka dapur dibuat terbuka agar menjadi lebih luas. Ruangan dapur bisa dibuat menerus dengan ruang lain, atau diberikan pembatas berupa kaca, atau bisa juga dengan konsep meja bar.

post signature

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^